Informasi, Tips & Trik Terbaru Seputar Android ! !

Friday, December 18, 2015

Cara Mengoptimalkan Kinerja Android Supaya Tidak Cepat Panas


Mengoptimalkan kinerja memang perlu di lakukan, karena memiliki banyak sekali keuntungan, dan salah satu contohnya adalah dapat mengatasi android yang cepat panas.

Android yang cepat panas biasanya di sebabkan oleh banyak hal, entah dari sang pengguna yang menggunakannya terlalu berlebihan, atau bisa di sebabkan dari androidnya langsung.

Untuk mengatasi android yang cepat panas tidak lah sesulit yang di bayangkan sob, dan pada artikel kali ini saya akan memberikan caranya untuk sobat semua.

Cara Mengoptimalkan Kinerja Android Supaya Tidak Cepat Panas

1. Kurangi Bermain Game yang Berukuran Besar, dan Melebihi Spek Android.

Disini saya tidak melarang sobat untuk bermain game, hanya disini saya meminta untuk mengurangi bermain game yang berukuran besar, dan melebihi spek android.

Sebab mengapa ? karena sistem akan berkerja lebih keras untuk mengolah game yang sedang sobat mainkan.

Kalau sistem berkerja lebih keras apa yang akan terjadi ? tentu bagian belakang android akan langsung terasa panas.

Jadi sobat bisa bermain game yang berukuran besar, tapi apabila spek dari gamenya tidak melebihi dari spek android itu sendiri.

2. Matikan Jaringan Seperti Cellular Data, NFC, Bluetooth, dan Semacamya Bila Tidak di Perlukan.

Memang apa pengaruh dari koneksi ? wong cuman nyari sinyal aja kok bikin panas sih.

Kebayang gak kalau android nyari itu sinyal terus terusan, dan android juga perlu untuk menstabilkan sinyalnya juga.

Kalau hanya cellular data yang menyala sih wajar, nah kalo yang nyala hampir semua jaringan bagaimana ?

Nah kasus ini sering banget saya temuin, contohnya di lingkungan saya pun juga ada yang sering membiarkan jaringan seperti cellular data, bluetooth, wifi menyala di waktu yang sama.

Jadi sebaiknya matikanlah salah satu jaringan apabila tidak di gunakan, dan gunakan kembali apabila di butuhkan.

Disini saya juga tidak memaksa untuk mematikan seluruh jaringan, semua tergantung sobat.

3. Bersihkan Cache yang Menumpuk Pada Aplikasi atau Game.

Cache itu ibarat sampah di rumah yang harus cepet-cepet kita buang, cache apabila di biarkan semakin menumpuk akan memberikan dampak buruk kepada aplikasi, dan kepada android itu sendiri

Cache sendiri bisa menyebabkan panas, contohnya apabila sobat membuka aplikasi yang cachenya sampai 1.5 GB apakah akan langsung wwuussh terbuka, atau sobat perlu menunggu beberapa menit dulu ?

Jadi hapuslah cache yang ada pada aplikasi atau game, kalau membersihkannya satu-satu repot juga dong ya, jadi saran saya sobat bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk membantu menghapus cache yang ada


4. Uninstall Saja Aplikasi atau Game Yang Sudah Tidak Terpakai.

Sudah berkali kali saya bahas mengenai masalah yang satu ini, yaitu menguninstall aplikasi atau game yang tidak terpakai lagi.

Menguninstall aplikasi, atau game selain dapat melegakan memori, hal tersebut juga dapat membantu mengatasi android yang cepat panas.

Karena aplikasi atau game yang sudah tidak terpakai biasanya dapat aktif sendiri, dan terkadang bisa beroperasi sendiri padahal kita sama sekali tidak mengaktifkannya.

Mungkin bagi yang penasaran bisa gunakan aplikasi greenify untuk memastikannya.

Jadi saran saya sobat dapat menguninstall aplikasi atau game yang memang sudah tidak di perlukan lagi, dan jangan lupa untuk selalu melakukan backup sebelum menguninstall

5. Pilih Aplikasi Cleaner yang Tepat, dan Mampu Berkerja Optimal.

Hal ini memang pernah menjadi perdebatan, apabila sobat anggota komunitas android indonesia kalau tidak salah pernah ada perdebatan tentang hal ini.

Banyak yang berkomentar kalau beberapa aplikasi cleaner dapat berkerja dengan baik, ada juga yang tidak bisa, bahkan ada yang berkomentar beberapa aplikasi cleaner tidak pantas untuk di install.

Jadi disini saya mengambil kesimpulan kalau aplikasi cleaner itu sebenarnya baik, dan perlu di pasang.

Tapi aplikasi cleanernya harus yang benar-benar dapat berkerja dengan baik pada android, dan tidak membuat android itu sendiri cepat panas.

sumber gambar : clockworkmod

0 komentar:

Post a Comment

 

Followers